cara membuat desian baju

Cara Pintar Membuat Ide Desain Kaos Distro yang Unik dan Original

cara membuat baju distro

Apakah anda telah memiliki ide berbisnis baju distro namun masih bertanya “bagaimana cara membuat desain sablon kaos distronya?”.

Kami mengerti masalah anda, namun setelah anda membaca artikel ini, itu bukan lagi masalah yang serius bagi anda.

Adakah cara cepat membuat desain kaos distro?

ada tapi terlalu biasa : Desain gambar artwork se-adanya tanpa ada perbandingan, variasi desain dan revisi.

Tidak perlu terburu-buru menetapkan bahwa desain yang anda buat telah siap, kembangkan beberapa konsep dan variasi, buat desain simpel namun detail.

Sebaiknya perbandingkan desain dengan genre sejenis

Bila perlu tambahkan beberapa elemen/efek agar desain lebih menarik, dan revisi sampai desain benar-benar siap dicetak. (sesuai konsep yang akan dijelaskan dibawah),

Minimal desain yang anda rancang “menjual”.

kata kata bijak

Tidak ada cara cepat membuat mahakarya terbaik, namun ada cara pintar menghasilkan desain yang unik, original dan tentunya di beli.

ide2Think
Big.

Desain yang menarik, akan melahirkan produk lainnya, bukan kaos saja , desain anda layak dicetak pada media seperti poster, kantong, sticker, buku, wallpaper dsb

Bahkan apabila ada perusahaan yang berniat menggunakan desain anda pada produk mereka, anda akan mendapatkan royalti.

dan yang terakhir anda telah menciptakan

Ekonomi Kreatif.

Dibaca sampai akhir, karena setiap langkahnya sangat penting untuk desain Anda.

Fakta Menarik Tentang Desain Kaos

Anda mengunjungi toko distro kaos di kota anda, anda berjalan masuk dan melihat-lihat pakaian yang bergantungan pada hanger, secara perlahan anda melihat lebih dalam satu persatu desain tersebut dengan menyentuh, merasakan dan jika desainnya cukup menarik, anda sesekali mencoba mencocokan di badan.

Apabila anda telah 100% cocok dengan desainnya, anda melihat tag harga, selanjutnya anda akan mencoba ukuran kaos di ruang pas,


Apabila desain kaos sesuai, anda akan membeli kaos distronya saat itu juga.


Apakah anda pernah mengalaminya?

Khusus kaos bergambar/tulisan, desain kaos merupakan ukuran bahwa kaos yang anda jual menarik atau tidak dimata calon pembeli, desain kaos menciptakan kesan pertama, setelah itu calon pembeli akan :


  • Mencocokan dirinya dengan kaos yang akan dibeli.

  • Memeriksa kualitas bagus/tidak kaos-nya.

  • Memeriksa tag harga kaosnya.

cocok akhirnya membeli.

Dengan fakta diatas sudah semestinya desain yang dibuat untuk kaos distro semaksimal mungkin, diolah secara men-detail dan bersahabat untuk calon pembeli anda, agar produk sablon kaos yang anda produksi laku keras di toko atau online shop anda.

Konsep ini untuk membantu anda mempertimbangkan dengan baik desain yang akan disablon, mengenai kualitas sablon dan kualitas bahan telah kami berikan yang terbaik untuk anda, namun apabila desain anda tidak memenuhi keinginan calon pembeli anda? ….

note : Supaya bahasan lebih kuat, kami hanya fokus pada cara membuat desain kaos distro genre typography/font.

Mari dimulai :

ide membuat desain kaos
contoh desain

Rahasia Menciptakan Ide Desain kaos yang Menjual

Umumnya anda membuat pernyataan sendiri, desain ini bagus, desain ini keren. ganti pernyataan itu dengan pertanyaan ini :


Desain kaos seperti apa yang ingin dan pasti dibeli?


Ide desain dipicu 3 pertanyaan mendasar mengenai calon pembeli anda. sedikitnya anda harus tahu tentang calon pembeli.

ini rahasianya :

  • Siapa mereka yang akan membeli kaos distro anda?

Siswa SD,SMP,SMA, karyawan kantor atau Mahasiswa, buat sedetail mungkin target pasar anda, fokus agar desain yang diciptakan sesuai dengan target.

  • Desain seperti apa yang mereka sukai?

Anda tidak perlu melakukan riset yang rumit untuk mengetahui apa yang mereka sukai, apabila target pasar anak muda, riset sederhana dapat dilakukan dengan nongkrong di mall, caffe, bioskop.

Luangkan sedikit waktu melihat-lihat kaos apa yang orang lain kenakan, dan perhatikan desain bajunya, bayangkan anda adalah orang tersebut dan tanyakan pada diri sendiri:

mengapa saya membeli kaos ini?” “mengapa saya menyukai desain kaos ini?“.

dua pertanyaan tersebut akan membentuk kepingan ide yang akan dikembangkan pada saat membuat desain kaos distro anda.

  • Brand/Label lain apa yang konsumen anda sukai?

desain clothing brandLakukan perbandingan, brand /label apa yang konsumen anda sukai?, telusuri brand tersebut, pelajari pola desain baju distronya, bukan untuk menyamaratakan konsep dengan label/brand yang mereka sukai,

Kami yakin Anda bisa lebih baik dari itu, perkuat konsep desain, olah desain dengan metode di visualisasi desain.

Ok anda telah mengetahui apa kelemahan dan kekurangan desain brand lain dari pengamatan sederhana anda, reflek setelah itu brand lain bukan lagi tandingan anda.

Ini karena anda bisa menciptakan ide desain yang lebih baik, lebih baru dan One Step ahead dibanding brand yang calon konsumen sukai.

Ukuran pertanyaan ketiga diatas cukup untuk menumbuhkan ide desain. setidaknya anda telah memiliki gambaran bagaimana konsep yang akan dikembangkan untuk desain/artwork anda.

Apabila Ide desain baju distro diatas telah anda pahami dengan baik, mari lanjutkan pada desain dengan gaya typography yang unik dan original, karena ini akan membuat desain anda bukan hanya bagus,

tapi luar biasa efek penjualannya.

Ide – Proses Visualisasi.

Lihat tipe desain sejenis di beberapa website :

Pinterest Quotes ,Pinterest Typography, Pinterest Lettering, Typography Google Images | Google

desain kaos typography

Lihat, rekam dan kumpulkan semua gambar desain selama tiga sampai empat hari di kepala anda.

Selama 3-4 hari (ini tergantung waktu yang anda inginkan).

focus rekamfokus
visualisasi
desain

Amati secara detail setiap desain yang anda lihat.

Apabila anda telah selesai fokus visualisasi desain, selanjutnya semua desain yang telah anda lihat akan di filter secara otomatis di kepala anda, hanya akan ada beberapa desain yang masih tersimpan disana.

Metode ini untuk merangsang otak kanan anda dengan visualisasi desain dan menyerap juga merekam pola gambar sebanyak-banyaknya di kepala anda, setelah itu secara tidak sadar anda akan mengkombinasikan keseluruhan hasil visual yang telah anda rekam selama 3-4hari.

Dengan demikian anda akan menghasilkan ide yang bervariasi, unik dan original dipicu dari berbagai sumber yang telah anda lihat.

Proses selanjutnya adalah meniru. bukan meniru secara mentah desain kaos yang ada, bukan juga Metode ATM : Amati, Tiru, Modifikasi. Metode ATM sedikit berbeda dari prinsip ini, yang ini pengaruhnya cukup hebat.

Tiru dari akar. tiru Mindset artist tsb, tiru motivasi artist tsb.

Kami yakin dengan konsep ini, desain kaos yang akan anda ciptakan akan lebih bagus dari desain yang pernah ada. Tiru pola pikir desainer, tiru inspirasi dibalik desain tersebut.

Karena dengan begitu,

anda akan menghasilkan karya desain kaos yang jauh lebih baik, dari yang ada sebelumnya.

Rumus :
Visualisasi berbagai desain + tersimpan di luar kesadaran + menyisakan Kepingan Desain + Kepribadian anda + riset 3 pertanyaan dasar = Menghasilkan Desain Unik.

Kata-kata dibawah ini kami sadur dari buku Austin Kleon Steal Like an Artist :

“Seniman yang baik menyadari bahwa tak ada yang muncul tiba-tiba.”

Artikel hanyalah sebuah artikel, berharap tidak akan pernah cukup tanpa usaha yang tekun dan latihan, The beatles tidak akan melegenda jika tanpa latihan secara bertahap pada masa muda nya.

Malcolm Gladwell dalam bukunya Outlier mengatakan anda sedikitnya perlu 10.000 jam untuk menjadi ahli dibidang yang anda tekuni. Kalau tidak dilatih dari sekarang kapan lagi?

Latih terus menerus teknik diatas, apabila anda telah siap dan paham, mari praktik-kan:

“Knowledge isnt power until it is applied – Dale Carnegie”

Test :

    • Konsepkan minimal 20 ide desain baju.

Jangan menungu, karena waktu-tidak-akan-pernah-tepat.

transformasi gabungan desain kaosDisaat ada kesempatan dan inspirasi dimana saja, kapan saja tulis dan gambar ide konsep desain anda yang melintas di kepala anda saat itu juga di kertas, handphone, laptop dsb, buat kerangka desain sebanyak banyaknya,

ini untuk memicu kreatifitas anda dalam menciptakan desain baju, dan menangkap ide yang melintas hanya beberapa detik di kepala anda.

Gunakan jenis hurup yang memang sesuai dengan konsep desainnya, pilihlah typeface yang mempunyai karakter tegas dan paling banyak di download, mengapa demikian karena top download cukup mewakili bahwa type hurup tersebut banyak disukai.

Anda dapat men-download jenis jenis font secara free di web Dafont , Font2s dan Fontsquirrel

Untuk pertimbangan anda ini beberapa Typeface yang Populer : Helvetica/Bebas Neu/Avenir/Proxima dsb.

Apabila anda menyukai jenis font tapi tidak mengetahui nama font tersebut, anda bisa menggunakan WhatFontIs.com, caranya :


  • Screenshot gambar fonts

  • Edit menggunakan Photoshop atau Corel draw, buat gambar fonts lebih kontras, ini akan mudah di analisis oleh engine web tsb.

  • Simpan gambar dan upload.

Apabila satu jenis font masih kurang cukup pada desain, anda dapat menggabungkan 2-3 jenis typeface dalam satu desain contoh typeface : Serif dengan script.

Konsep menggabungkan fonts dapat dengan mudah dipelajari, anda hanya perlu mengetahui teknik mengkombinasikan font dengan baik.`

Tambahkan beberapa logo vector yang sederhana.

tulis, gambar, tulis, gambar coba terus dan kumpulkan sampai 20 desain.

    • Pisahkan desain baju yang kurang potensial, jadikan 10 desain.

Pisahkan 10 konsep desain anda yang sesuai dengan 3 konsep yang telah kami bahas diatas, sisanya tidak perlu di hapus, mungkin saja sisa 10 desain lagi bisa menjadi inspirasi bagi anda dilain waktu.

Tanyakan beberapa pertanyaan : apakah kombinasi font sesuai pada desain ? apakah model typography-nya terlalu standar?, apakah ini terlalu mirip? apakah desain ini terlalu mengintimidasi?

Bila perlu tambahkan beberapa effect seperti Grunge/Vintage/Retro pada desain dan isi/masukan gambar pada tulisan anda dengan menggunakan PowerClip dalam software Corel Draw atau tidak sama sekali.

Buang warna yang tidak perlu atau terlalu colorfull,

Pisahkan dan buat sederhana namun tetap detail dan berkarakter.

    • Filter lagi menjadi 5 desain

Kami mengerti bahwa desain yang telah anda buat secara detail, rapi dan telah menghabiskan banyak waktu, namun juara terbaik hanya ada juara 1. Filter dan pisahkan kembali 10 Desain yang telah anda rancang menjadi 5 desain, fokuskan yang sesuai dengan konsep diatas.

Adopsi beberapa efek dan jenis hurup yang memang perlu dari beberapa desain yang telah dipisahkan.

Bayangkan apakah desain tersebut cocok apabila diterapkan pada kaos?

Desain simpel apabila memang sesuai dengan riset diatas, itu desain sempurna.

Apakah orang akan nyaman memakai desain seperti ini?

    • Filter jadi 1 desain kaos

Dan inilah desain anda, gabungan 20 desain terbaik ciptaan anda menjadi 1 yang terbaik. tanyakan pada anda apakah desain ini sudah unik, original dan cukup menjual?. apabila belum kembali lagi cek desain dari yang dipisahkan.

Cara pemisahan 20 desain menjadi 1 desain ini akan menghasilkan karya desain kaos yang unik dan original

Apabila anda telah menciptakannya, mari lanjutkan pada pewarnaan

Warna Dasar

Seimbangkan warna kaos dengan desain, untuk pertimbangan anda, ini beberapa warna kaos polos yang cukup banyak peminat : hitam/putih/abu misti/abu tua/biru dongker/biru benhur/merah tomato/merah marun/biru turkish/hijau army/orange.

Perpaduan Warna kaos dan Desain

Perpaduan populer :

  • Warna kaos gelap + Warna Tulisan Cerah
  • Warna kaos cerah + Warna Tulisan Gelap

Perpaduan Warna Out of The box :

  • Warna kaos gelap + warna tulisan gelap  atau Black on Black

Perpaduan yang Glamour :

  • Warna kaos hitam + desain dengan sablon emas/silver

Perpaduan Pastel :

  • Warna kaos pastel + desain hitam atau putih, atau warna artwork yang lebih terang sedikit dari warna kaosnya dan sebaliknya

Perpaduan berani/Garang:

  • Warna kaos hitam + warna artwork merah menyala.

Perpaduan Vintage :

  • Warna kaos sedang/agak gelap + warna artwork agak samar

Perpaduan diatas akan memaksimalkan artwork dan warna kaos. anda dapat mencobanya pada software Corel Draw atau Photoshop dengan mengganti ilustrasi dasar warna kaos.

Gunakan eyedropper pada software tersebut dan ambil warna aktual kaos di katalog warna kaos

Test

Perlukan di test? sebenarnya apabila anda telah mengikuti secara rinci konsep diatas itu sudah tidak perlu.

Namun jika anda penasaran dan masih belum yakin mengenai desain yang anda ciptakan, gunakan mock-up kaos realistis dan test pada sahabat anda,

katakan pada sahabat anda untuk membuat opini yang jujur mengenai desain anda, (note: opini sahabat anda kurang relevan apabila beliau bukan sasaran target pasar anda).

Atau di posting di forum-forum desain.

Kesimpulan

Desain kaos sangat penting untuk di pertimbangkan baik-baik , karena disaat calon pembeli memilih-milih desain, desain meciptakan kesan pertama bagi pembeli di toko atau online shop anda.

Tidak ada cara cepat untuk menghasilkan desain yang sempurna, tapi inilah cara pintar membuat desain baju original yang sempurna sesuai dengan harapan calon pembeli.

Giliran anda..

Jangan menunggu, karena waktu tidak akan pernah tepat. Tulis/gambar/screenshot/ inspirasi yang anda lihat, kumpulkan dan jadikan calon desain best seller kaos distro anda.

Apabila desain telah sedia, kami dapat membantu anda merealisasikannya.

Be Our Freind 🙂 Google+

BR8PROJECT

Belanja di BR8PROJECT Shop
Mau Bikin kaos, kemeja, Sweater, atau jaket custom sesuai desain anda? Hubungi CS kami melalui Call/SMS/WhatsApp: CS1 ZEN atau CS2 FENDI

89 Comments

  1. Edi22 December 2020

    terima kasih infonya

    Reply
  2. Arsil Ahmad7 October 2020

    Terimakasih infonya.. Keren..!!

    Reply
  3. bud1 August 2019

    Terimakasih banyak gan, inspiratif banget.. cocoookkk

    Reply
  4. Amirul24 July 2019

    Terimakasih infonya, sangat bermanfaat.
    Semoga bisa memiliki toko distro sendiri, karena sudah lama ingin pingin punya sendiri.

    Reply
  5. kiting11 August 2018

    keren mas god job
    saya akan pesan

    Reply
  6. Altri28 March 2018

    detail banget kang, makasih ilmunya, semoga berkah dan usahanya lancar. amiiinnn…..

    Reply
    1. Adi20 April 2018

      Amiin.

      Terima kasih kak, salam sukses.

      Reply
  7. Ricki15 March 2018

    Sangat bermanfaat bagi saya yang mau usha distro trimaksih bnyak
    attwork

    Reply
  8. Anto8 February 2018

    Sangat inspiratif…
    Keren
    Nuhun

    Reply
  9. El6 December 2017

    manatab dan suka bemabanafaat

    Reply
  10. adi30 October 2017

    beh poinnya banyak bener min
    tapi intinya inspirasi ea gan ?

    Reply
  11. Soenio10 October 2017

    Wow terimakasih, sangat membantu.

    Reply
  12. Ahmad Sholih2 August 2017

    sangat bermanfaat,dan sangat terinspirasi

    Reply
  13. eko suryo6 July 2017

    om admin, desain yang menjual kalo 2 sisi depan belakang, yang lebih menjual dipasaran gimana om contohnya? soalnya ada yg tema pocket alias desainnya kecil ditaruh di kiri dada seperti kantong atau badge gt, terus bagian belakang nya besar. mungkin om admin bisa memberi pencerahan. terimakasih om

    Reply
  14. yoga26 June 2017

    Insa alloh pasti bermanfaat

    Reply
  15. Priyo23 January 2017

    alhamdulilah dapat pencerahan

    Reply
  16. QIDVO21 November 2016

    Terimakasih banyak, sangat bermanfaat sekali informasinya. 🙂

    Reply
    1. Muhlis6 April 2017

      bagus sekali artikelnya, trims

      Reply
  17. Tio Azaria20 November 2016

    Sangat menginspirasi. Trima kasih 😊

    Reply
  18. Hartono29 October 2016

    Saya baru mencari cari ide desain baju ini dan ternyata menentukan konsep yang baik dan pas ke target pasar memang susah. Tetapi tidak menutup kemungkinan keberhasilan datang jika mau mencobanya. teromakasih kang atas pencerahannya

    Reply
  19. wahyu2 September 2016

    saya mau usaha clothing dan saya punya brand sendiri. kira” berapa ya harganya untuk bahan cotton combed 30s dengan sablon plastisol dan maksimal warna nya berapa. trus bisa langsung pasang lebel ga di kaosnya..
    saya mohon jawaban nya dan kontak yg bisa dihubungi. terimakasih

    Reply
    1. yudi muhamad adnan8 April 2018

      app 45rb/pcs untuk combe30s sablon plastisol

      Reply
  20. El23 August 2016

    mantab kang artikelnya, untuk saya yang ingin belajar membuat desain sangat membantu sekali
    Nuhun kang

    Reply
  21. Anonym15 August 2016

    Artikel yang mewakili pemkiran saya selama ini… semoga nantinya dapat membantu melancarkan usaha saya seperti agan… hehehe 😀

    thanks for this ideas!!! (y)

    Reply
  22. ditan15 August 2016

    wah selama baca blog in udah dua ide yang saya tulis di buku yang kadang suka muncul beberapa detik kemudian hilang dipikiran, tp pas baca artikel ini baru tau kalo ide dadakan itu harus langsung ditulis.
    sangat membantu sekali.
    mudah mudahan bisa bekerja sama dalam waktu dekat.
    semoga bisa dikirimkan ke email tentang harga dan lain lainnya.
    saya masih banyak membutuhkan info dan ilmu ilmu yang berkaitan dengan usaha distro ini, siapa yang bisa saya hubungi?
    terimakasih atas bantuannya.

    Reply
  23. Adi13 August 2016

    Nyambung banget.. semalem diskusi ringan sama teman soal kaos.. sekarang dapat ilmu dari artikel ini..bikin tambah semangat untuk berbisnis kaos..

    Reply
  24. Steven12 August 2016

    bisa dibantuin desain kaossnyaa ngaakk?

    Reply
  25. imam prasetya23 July 2016

    apa aplikasi gans tolong kasih tau kami

    Reply
  26. fendi23 July 2016

    DONE its complete
    Artikel nya tuntas banget pembahasannya. Membuat semangat sy utk segera berbisnis kaos. Tp btw ada bbrapa pertanyaan mas
    1. Klo sy cari ide/inspirasi dri musik kebanyakan dri situ ktemu kata2 yg hotspot bget trus sy cetak ke Photoshop jdi desain, masalah nya sy belum yakin apa desain sy bneer2 menjual ?
    2. Misal sy coba test market byk peminat/ tidak nya sy pesan ritel dulu 6 pc boleh mas ?
    3. Klo dlm tahap menciptakan brand apakah di awal kita hrus lgsg mantep kan 1 desain kekeh itu trus ato kita modif2 trus sampe ktemu desain yg bener sold out
    4. Biasanya utk calon pengusaha distro baru, kendala ada di dana ada masukan ga mas ? Mesti memulai nya dri mana ? Dan fokus mencapai tujuan utama Pengusaha kaos distro

    Trimz

    Reply
  27. Pebrian19 July 2016

    😮 waaaah manteep banget artikelnya mas, sangat di sarankan buat pemula sperti saya… terimakasih bnyak, artikelnya bnyak membantu dan sangat bermanfaat..

    Reply
  28. Diablo3 July 2016

    Sumpah artikel ente keren bener gan, detail bener. Pasti banyak pengalaman ya hehe ? Makasih banyak gan buat info pentingnya hehe

    Reply
    1. Zen23 July 2016

      sama sama ya gan, semoga bermanfaat terima kasih telah berkunjung gan ^_^

      Reply
  29. Kustri20 June 2016

    Sangat informatif. Pas baru coba bikin desain kaos. Hatur nuhun.

    Reply
  30. degus28 May 2016

    Salam kenal admin, sy degus dari denpasar bali, trimakasih article nya sangat menginspirasi dan memberikan banyak tambahan ilmu buat sy, saat ini sy sedang belajar berbagai literatur mengenai jenis kain dan teknik mendesign sablon untuk kaos, kelak kita nanti bisa menjadi mitra bisnis kedepannya.

    Reply
    1. Zen28 May 2016

      salam kenal juga mas Degus,

      terima kasih telah berkunjung di website kami,

      semoga banyak membantu 😀

      Reply
  31. faqihudins24 May 2016

    Websitenya informatif nih Min, nambah wawasan ane yg masih apalah2 untuk bidang desain yg fokus dikaos 👌

    Reply
    1. Zen28 May 2016

      terima kasih telah berkunjung ke website kami mas, semoga banyak manfaat yang bisa di serap di sini 🙂

      Reply
  32. agil14 May 2016

    sya bca artikelnya sya bca pula coment2nya, emng bnar kata yg sdah bca, artikelnya mnarik jga mmbantu bgi pemula sprti saya , dan dalm pnjelasanya pun bgitu dtail untuk bgaimna yg mmbaca mngerti btul dngan apa yg d jlasin,
    thanx sngat mmbantu..
    slam suskes..

    Reply
    1. Zen28 May 2016

      Hallo mas Agil,

      sama- sama mas semoga membantu bisnis nya dan menginspirasi 🙂

      Reply
  33. Bagars Clothing6 May 2016

    sangat bermanfaat, dan termotivasi.
    thanks

    Reply
  34. fahrul3323 April 2016

    makasi gan buat artikel,mantap artikelnya mudah dicernah,saya sudah desain baju buat lowongan online,tpi belum ada balasan,mudah2 an habis baca artikel ini bsa dapat balasan dri para klien amin

    Reply
    1. Zen23 April 2016

      Sama2 mas Fahrul, semoga bermanfaat,

      Amin, semoga dipermudah jalannya

      Salam,

      Reply
  35. Kosasih19 April 2016

    Keren, pencerahan buat saya yang pengen banget produksi kaos dengan desain sendiri, tapi masih mentok di modal, haha

    Hatur nuhun

    Reply
    1. Zen23 April 2016

      Semgoa bermanfaat mas 🙂

      oww gitu, hajar langsung mas, ajakin yang punya modal hehe

      Sami2 mas

      Reply
  36. refal19 April 2016

    Kerennn ,,,, gan artikelnya 😊jadi tambah ilmu

    Reply
    1. Zen23 April 2016

      Semoga bermanfaat mas artikelnya 🙂

      Reply
  37. danny17 April 2016

    mbk saya lg butuh solusi nih, gmna ya cara.a memasarkan produk.a dan mendesain produk. padahal saya sudah memasarkan seluas mungkin. dan untuk desain kurang peminat.a mbk. padahal itu desain sudah saya pasarkan sejak setengah tahun yang lalu, sampai sekarang baru terjual 10pcs.

    Reply
    1. Zen18 April 2016

      Hallo mas Danny,

      mengenai masalah mas diatas, saya coba bantu ya mas,

      mungkin saja engga kejual karena desainnya kurang menarik pembeli, umumnya (menurut saya pribadi) pemasaran yang mas Danny gunakan kurang luas dan kurang maksimal,

      dilapangan saya sering melihat desain yang biasa-biasa saja tapi banyak saja orang beli, setelah dipelajari ini dikarenakan

      + Pemasarannya yang luas

      gunakan online marketing (kaskus/tokopedia/BL/instagram/facebook/website)

      offline marketing (pasar dadakan/ titip teman/bagi hasil/ ikut event/titip toko)

      + Strategi penjualan yang unik dan optimize

      + Pricing yang sesuai dengan pasar-nya

      dan mantra yang terakhir

      kerja keras 🙂

      Semoga membantu ya mas

      Reply
  38. herman14 April 2016

    Bak perlusinya kaos polos bahan combed 40s warna hitam brapa…?

    Reply
    1. Zen18 April 2016

      hallo mas Herman,

      untuk kaos polos 40s harganya 33rb/pcs mas,

      Reply
  39. jeje13 April 2016

    Artikelnya keren jelas dan detail.

    Saya mau tanya min. Tipe kaos sama sablon yang bagus apa ?? Yang biasa di pake di distro” keren.

    Reply
  40. jeje13 April 2016

    Artikelnya keren jelas dan detail.

    Saya mau tanya min. Tipe kaos sama sablon yang bagus apa ?? Yang biasa di pake di distro” keren.

    Reply
    1. Zen18 April 2016

      Siang mas Jeje,

      Menurut saya pribadi adalah kaos 30s dengan sablon superwhite mas 🙂

      Reply
      1. Angga perkasa15 July 2016

        Sablon superwhite sama plastisol bagusan mana mas?

        Reply
        1. Zen23 July 2016

          secara pribadi superwhite mas, karena superwhite tipis dan kaos tetap terasa ringan, untuk plastisol kualitasnya bagus, namun kalau di pakai kurang nyaman, mungkin itu alasan sederhana saya hehe

          Reply
  41. Lau Ahong10 April 2016

    Terimakasih banyak artikelnya sangat membantu .Saya jadi berpikir panjang dalam membuat konsep design gambar yang akan dijual.Mengurangi resiko juga karena konsep design yang telah saya buat masih kyurang matang Lagi mau buka usaha kaos distro juga nihh hehe

    Reply
    1. Zen12 April 2016

      Siang mas Lau,

      Sama sama mas semoga bermanfaat artikelnya,

      iya mas persiapan yang matang akan menghasilkan artwork yang matang.

      Sukses selalu ya mas ^_^

      Reply
  42. fachrur27 March 2016

    klo mau order kaos buat brand sendiri minimal berapa ordernya ?!

    Reply
    1. Zen29 March 2016

      Siang mas Fachrur

      Untuk custom brand sendiri minimal 2lusin mas perdesain

      Reply
  43. h@nya_artdesign20 March 2016

    lagi belajar dengan tuntunan di atas,baru bikin lima desain kaos orisinal,dan belum di filter mjd 1 yang terbaik….Makasih gan tuntutannya….Oh ya…ane bingung bikin Brand buat ane…solusi gan, gmna..؟

    Reply
    1. Zen29 March 2016

      @h@nya_artdesign

      semoga bermanfaat gan.

      jangan bingung gan, langsung aja konsultasi sama vendor yang akan ajak bekerjasama, kalau disini mas bisa bicarakan dengan cs kami

      Reply
  44. Bayu5 March 2016

    Saya add WA sama invite bbm desy kok g di bales ya min? Ditunggu balesannya

    Reply
    1. Zen5 March 2016

      sore mas Bayu,

      untuk bbm Dessy agak error, kalau whatsap sudah di balas ya mas 🙂

      Reply
  45. Kiki suryadi29 February 2016

    Ini blog yang menurut saya paling pas dan terercaya,saya ingin memulai terjun ke dunia distro tapi saya gak mahir corel draw atau photoshop,tapi kalo tulis tangan atau gambar saya bisa. . . Gimana solusinya?
    terus ini bisa bikin merk sendiri kan?

    Reply
    1. Zen1 March 2016

      Pagi mas Kiki, terima kasih telah berkunjung ke blog kami,

      mengenai pertanyaan mas, mudah kok tulisan tangan / desain di scanning kedalam komputer,

      apabila sudah masuk file berupa jpg/png, mas bisa minta tolong ke editor desain atau biasa untuk pengolahan desain ke media kaos menggunakan jasa “tukang setting”

      Tukang setting akan mengolahnya sesuai dengan keinginan mas Kiki.

      untuk pertanyaan kedua, iya betul mas kami dapat membuat label sendiri sesuai dengan keinginan mas.

      Salam,

      Reply
  46. Agus Permana20 February 2016

    Wah keren artikelnya, sangat membantu saya untuk memulai usaha kaos. yang selalu saya khawatirkan adalah masalah hak cipta mas, di internet bertebaran banyak desain, ataupun mockup kaos, saya selalu googling hanya untuk mendapat inspirasi bukan copy paste 100%, kecuali memang desain yang umum, seperti merk2 terkenal (alat olah raga, mobil, motor, dll). Ada saran untuk hak cipta ini ? oh ya minggu kemarin saya survey kaos polos ke bandung, sayangnya kaosmurahbandung.com tutup ya hari minggu…sehingga saya tidak bisa lihat sampelnya.
    Terima kasih.

    Reply
    1. Zen20 February 2016

      Terima kasih mas Agus, semoga bermanfaat artikelnya,

      mengenai pertanyaan mas maksudnya agar tidak melanggar hak cipta? apabila seperti itu, mungkin website simastore.com bisa menjadi acuan.

      di website tersebut menjual beragam merchandise mengenai persib dan pasarnya adalah bobotoh, namun bila di perhatikan kaos yang dijualnya hanya sedikit yang ada tulisan persib-nya.

      sang desainer / owner lebih memilih cara lain dengan slogan, icon-icon yang masih nyambung (dengan persib) tapi bobotoh tahu betul bahwa kaos itu kaos untuk bobotoh.

      dan akhirnya (menurut saya pribadi ) desain-desain yang dihasilkan menjadi lebih keren,unik dan original tidak seperti desain yang medioker atau yang umum ada dipasaran.

      Mudah-mudahan penjelasanya mudah dipahami ya mas Agus .

      iya betul mas, kami libur hari minggu, kapan kapan mampir lagi ya mas ke br8project bila ke Bandung 🙂

      Reply
  47. Zen17 February 2016

    Sore mas Fadil,

    sebetulnya masalah ini klasik mas, menurut hemat saya apapun produknya,

    perluas market jualannya.

    tidak masalah itu hanya 1desain.

    tapi kalau tempat jualannya banyak (marketplace, forum, blog, instagram, komunitas terkait, offline (konsinyasi), titip di teman, dsb) kuantiti 2lusin menurut saya terlalu sedikit, untuk market yang lebih besar.

    kasus yang sering (dan berkali2) terjadi di konveksi kami, ada beberapa konsumen yang memesan kaos perdesain 2lusin, namun tidak lama setelah itu beliau pesan lagi desain yang sama,

    note:

    1. Apakah desain yang akan dijual telah sesuai dengan keinginan calon konsumen mas (unik, keren, lebih keren dari kompetitor, different)?

    2. Apakah mas Fadil telah yakin dengan desain tersebut? karena kalau tidak yakin 1lusin-pun akan susah terjual.

    semoga membantu ya mas 🙂

    btw sebelum kami memulai bisnis konveksi, saat itu kami hanya menjual 1 produk, 1desain 1warna kaos, dan alhamdulillah sold out di 36pcs.

    Reply
    1. rama11 July 2016

      siip…suwun kang pencerahannya

      Reply
      1. Zen23 July 2016

        sama-sama ya kang ^_^

        Reply
  48. Fadil satia nugraha16 February 2016

    Mba mau tanya, kan kalo saya nih pemula mba untuk memulai bisnis kaos dan menciptakan brand sendiri, bagaimana solusinya sedangkan bila kita membuat kaos/sweater brand milik sendiri pasti dipenyablonan minimal harus 1 lusin sedangkan itu mengeluarkan banyak modal mba ? Gimana tuh solusinya mba, terimakasih salam hormat

    Reply
  49. Dede14 February 2016

    Artikel yang bagus….saya lagi rencana mau buka distro,,tapi lagi nyari insfirasi 🙂

    Reply
    1. Zen15 February 2016

      Hallo Mas Dede, semoga bermanfaat artikelnya, semoga mendapat inspirasi di disini 🙂

      Reply
  50. martin11 February 2016

    artikel nya sangat inspiratif sekali, kebetulan saya sedang latihan membuat desain kaos distro thanks

    Reply
    1. Zen11 February 2016

      Alhamdulillah semoga bermanfaat mas Martin, semoga lancar dan sukses latihan desain nya 🙂

      Reply
      1. andri25 April 2016

        Kang mau nanya.. minimal order brp lusin..

        Reply
        1. Zen26 April 2016

          untuk minimal order 2lusin kang perdesainnya 🙂

          Reply
  51. Zen11 February 2016

    Terima kasih mas, semoga bermanfaat, Aminn.

    Mengenai harga, custom produk harga umum seperti yang lain mas, tentatif, harga tergantung dari desain, jenis bahan yang akan digunakan dan kuantiti yang di pesan,

    mengenai harga mas bisa langsung menghubungi mbak desi 🙂

    nanti beliau yang akan kirimkan ke email/bbm mas

    Salam,

    Reply
  52. Feby9 February 2016

    Kak kasih saran dong, kalo kita engga bisa desain tapi pengen nyoba bikin baju kek distro gitu bisa engga kak, simpel aja gitu misal cuma tulisan doang? Menurut kakak gimana?

    Reply
  53. dap9 February 2016

    Blog nya bahus banget, buat newbie kaya saya yg blm tau apa2 jd paham dan mulai ngerasa berani utk terjun kedunia konveksi , sukses buat sluruh team di blog ini . Tp kenapa kok gaada harga yg tercantum yaa?

    Reply
  54. Arif fadilah5 February 2016

    bagus bener dah sarannya,ane sebagai pemula ngerasa terbantu bgt,makasih gan sukses terus buat blognya

    Reply
    1. Zen6 February 2016

      Pagi mas Arif, sama-sama mas semoga bermanfaat artikelnya 🙂 terima kasih telah berkunjung.

      Reply
  55. Dycal (HSC-13)24 January 2016

    asli saya sedang iseng membuka blog inspirasi desain baju , dari sekian blog yang membuat saya tertarik membaca blog ini karna inspirasinya yang sangat mudah di ingat dan sangat membatu sekali untuk pemula usha distro , pokoknya top buat blog ini saya suka banget (Y)
    salam (HSC-13) , hello sunday cloth 13

    Reply
    1. Zen27 January 2016

      Sore mas Dycal HSC-13 iya mas semoga bermanfaat artikelnya. sukses selalu, salam Zen

      Reply
  56. Zen22 January 2016

    sudah di add ya, waktu itu telponnya ada masalah, ok langsung ke CS ya, semoga sukses

    Reply
  57. Yudi22 January 2016

    Sumpah dari beberapa artikel cuman ini yang detail tapi mudah untuk di jadikan pemikiran yang tepat apa yang akan di jadikan sebagai bahan bahan awal atau awam seperti saya ini yang pastinya mendesain kaos, Artikelnya rekomend bgt deh buat para pemula, bagus bgt.

    Reply
    1. Zen22 January 2016

      Malam mas Yudi, terima kasih telah mampir, semoga artikelnya bermanfaat untuk bisnisnya 🙂

      Reply
  58. Rudy Dadunk11 January 2016

    Terima Kasih informasinya…
    Pengin punya usaha Distro juga neh….
    Smoga bisa terwujud…

    Salam Sukses

    Reply
    1. Zen21 January 2016

      Sama sama mas ya mas saya doakan semoga terwujud tahun ini Amin, sukses selalu mas Rudy

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
+ +