Sejarah Jaket Bomber

Tren jaket bomber pernah banyak  dibicarakan di Indonesia. Sebenarnya tren ini sudah lama ada, namun Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang membuat tren ini semakin besar saja.

Beliau memakainya saat berpidato tentang aksi damai yang berujung ricuh di Jakarta, 4 November lalu.

Jaket Bomber atau flight jacket, mempunyai sejarah yang panjang.

Bermula pada perang Dunia I, sebagian besar pesawat tidak memiliki kokpit tertutup sehingga pilot harus memakai sesuatu yang akan membuat mereka cukup hangat.

Pada tahun 1915 saat bertugas di Perancis dan Belgia, pilot Royal Flying Corps dari Inggris sudah mulai memakai jaket kulit panjang, dan tren pun dimulai. Tentara AS mendirikan Aviation Clothing Board pada bulan September 1917 dan mulai membagikan jaket bomber terbuat dari kulit.

Jaket yang awalnya dibuat dari kulit dan fur, dikemas lebih ringan memakai woll atau nilon anti air. Desain jaket bomber yang ada sekarang tak mungkin ada, tanpa pengaruh dari dua jaket terdahulu yaitu A-2 dan B-15.

Jacket A-2
Jacket B-15

A-2 saat itu memakai bahan kulit, kerah tinggi dan dua flap pocket bagian depan. Desain B-15 cikal bakal jaket bomber yang sekarang ada. Jaket ini kemudian mendapat sedikit modifikasi dan dikenal dengan nama jaket MA-1 yang kemudian dipakai United States Air Force tahun 1949.

Jacket MA-1

Desain jaket yang itu diganti dengan bahan polyester yang lebih ringan. MA-1 hadir dengan kantung dan slot pulpen di lengan bagian kiri yang memudahkan pilot saat itu.

Jaket bomber kembali jadi tren besar saat dipakai seorang aktor Amerika, Steve McQueen untuk film klasik The Hunter tahun 1980. Bahkan anggota kerajaan seperti Pangeran Phillipe dari Belgia memakainya saat ia dilatih menjadi pilot militer untuk Belgian Air Force tahun 1981.

Steve McQueen
Steve McQueen

Jaket bomber juga populer di kalangan skinhead dan scooterboys pada tahun 1970.

Pada tahun 1993, jaket bomber juga dipakai sebagai “national costume” dari Amerika Serikat untuk pertemuan APEC yang diadakan di Seattle, Washington.

Pada awal tahun 2000-an, jaket bomber menjadi pakaian kasual yang populer dalam fashion hip-hop. Jaket bomber juga dipakai oleh beberapa departemen kepolisian di seluruh Amerika Serikat karena desainnya yang kokoh.

Banyak pula musisi dunia menjadikan jaket ini favoritnya. Paling terkenal adalah Kanye West, yang sudah menggunakannya sejak 2013 dan kini membuatnya jadi tren yang ikonik dari dirinya. Kanye bahkan mengeluarkan edisi bomber miliknya sendiri untuk label Yeezy.

Di era sekarang ini..

Jaket bomber ini seakan bisa masuk ke berbagai kalangan, usia, maupun jenis kelamin.

Bahkan, orang bisa tampil stylish dengan menggunakanan jaket bomber ini, terutama di era fashion yang infklusif dan berani.

Sudah kah anda punya jaket bomber??

BR8PROJECT

Bikin Kaos Sablon Custom
Mau Bikin kaos, kemeja, Sweater, atau jaket custom desain sendiri? Hubungi CS kami melalui Call/SMS/WhatsApp: 0857 9492 8414

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
Mau bikin kaos Custom? Disini aja.. Bisa juga custom polo shirt, jaket, sweater, dll (Made By Order, Tidak Ready Stock)
Halo Ka, ada yang bisa dibantu?